Rabu, 10 Desember 2008

Macbook Core 2 Duo


Dalam dua setengah tahun sejak Macbok pertama muncul, Apple telah mengulik dan memperbaharui notebook level consumer ini. Produk terbaru ini adalah langkah luar biasa bagi Macbook, dibandingkan dengan peubahan relatif kecil yang di lakukan sebelumnya. Dengan rancangan terbaru (baik dalam maupun luar), Macbook telah menjelma menjadi Macbook Pro Mini.

Desain

Yang paling mencolok dari Macbook terbaru ini adalah rancangannya. Apple meninggalkan bahan polykarbonat untuk meggunakan aluminium. Hasilnya adalah desain yang lebih halus dan menawan; saat tertutup, ia terlihat sangat ramping walaupun Macbook ini hanya 3 milimeter lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Macbook juga kehilangan 0.3Kg dari berat sebelumnya yaitu 2,3Kg. Keyboardnya mirip dengan Macbook sebelumnya namun warna kuncinya hitam seperti model macbook hitam terdahulu. Penggunaan keyboard cukup menyenangkan dan tidak menyulitkan. Macbook level atas bahkan memiliki lampu di bawah keyboard untuk pertama kalinya di jajaran Macbook.

Layar
Perubahan besar berikut pada Macbook adalah layar. Meskipun Macbook memiliki layer 13.3 inch yang sama resolusinya 1280 x 800 pixel seperti model sebelumnya, ini adalah Macbook pertama yang menggunakan layer LED (Light-Emitting Diode) yang lebih tipis, lebih terang, dan lebih hemat daya.

Trackpad

Trackpad yang baru tidak memiliki tombol di bawah area trackpad. Dengan tidak adanya tombol terpisah, area trackpad menjadi lebih besar. Trackpad terbaru juga mendukung multi-touch gesture yang memberikan Macbook kemampuan pengenalan gerakan jari. Anda kini dapat memutar gambar, mengeser foto, aplikasi Expose, dan mengganti aplikasi.

Internal

Macbook terbaru menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo (Penryn) dengan 3MB L2 cache internal seperti Macbook pendahulunya. Namun Macbook terbaru menawarkan prosesor dengan kekuatan yang lebih yaitu 2.0Ghz dan 2.4Ghz. Front-Side Bus yang meningkat dari 800MHz ke 1066Mhz dan RAM yang kini menggunakan 1066MHz DDR3 dari sebelumnya 800Mhz DDR2.

Grafis

Perkembangan penting lainnya pada MacBook terbaru adalah prosesor grafis Nvidia GeForce 9400M yang baru. Tidak seperti Intel GMA X3100 di model sebelumya, 9400M memiliki GPU sendiri yang memberikan tenaga lebih besar dari chip Intel.

Tidak ada komentar: